Natural birth video youtube nampaknya menjadi tayangan wajib bagi tenaga kesehatan, khususnya bidan, selama proses pembelajaran di bangku kuliah. Ya, berdasarkan teori, apabila kondisi kehamilan tanpa kelainan dan memperoleh rekomendasi untuk melahirkan secara normal, sebagian besar tenaga medis justru mengiyakan untuk selalu dilakukan persalinan normal. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan aspek keselamatan ibu dan bayi karena pada beberapa poin, serta efek samping jangka panjang yang dapat diterima oleh bayi. Salah satunya adalah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa bayi yang dilahirkan dengan persalinan normal mempunyai jumlah bakteri bermanfaat di saluran pencernaan lebih banyak dibandingkan bayi dengan persalinan c-section. Selain itu, di Amerika Serikat sebagai salah satu negara terkaya dengan fasilitas medis yang mumpuni, angka mortalitas ibu dan bayi termasuk tinggi, yang setelah diusut ternyata disebabkan karena pelaksanaan operasi c-section yang sebenarnya tidak perlu dilaksanakan.

Sayangnya, meskipun persalinan normal sangat dianjurkan, khususnya ketika kehamilan tidak terdapat komplikasi dan kelainan, masih banyak terdapat wanita hamil yang menolak untuk dilakukan proses persalinan secara normal. Alasan yang dikemukanan berupa perasaan takut akan rasa sakit yang harus dilewati, serta persepsi yang terbangun bahwa proses persalinan merupakan suatu hal yang menakutkan dan mengerikan. Oleh sebab itu, pada video persalinan normal, video melahirkan di youtube, terdapat beberapa metode terbaru yang diperkenalkan selama persalinan. Salah satunya berupa water birth yang ditayangkan pada salah satu natural birth video youtube.

Pada persalinan normal tersebut, ibu berendam di sebuah kolam air hangat yang dipersiapkan untuk tempat melahirkan. Ya, apabila pada metode konvensional terkesan kaku karena berada di ruangan rumah sakit dan berbaring di tempat tidur, pada metode water birth di natural birth video youtube ini memfokuskan air hangat untuk merileksasi ibu sehingga dapat mengalihkan perhatiannya dari rasa sakit ketika kontraksi. Selain itu, persalinan ini juga digadang-gadang dapat mengurangi rasa sakit yang cukup signifikan dibandingkan dengan persalinan konvensional. Nah, jadi bagaimana menurut Anda?