Cara membaca alquran dengan suara merdu yang mengagumkan. Sebagai kitab suci umat muslim yang memang sudah di turunkan pada Nabi SAW untuk di ajarkan pada umat muslim yang ada di semua penjuru dunia, di dalamnya ada semua hukum atau ketentuan yang perlu dikerjakan oleh manusia. Lantaran dapat membuat jiwa jadi tenteram serta semangat kembali. Sangat banyak keutamaan membacanya, umpamanya jalan hidayah untuk siapapun yang menginginkannya sebab ada banyak panduan mengenai kehidupan dunia serta akhirat dari Allah Ta’ala.

Kebanyakan orang yang dianugerahi suara oleh sang maha pencipta sesungguhnya dapat dipakai untuk membaca alquran. Cuma kwalitas yang mungkin saja membedakannya dengan yang lain. Tetapi, hal itu bisa dilatih dengan tehnik yang baik serta benar. Saat ini sangat banyak di buka beberapa tempat pelatihan atau latihan vokal yang baik. Tetapi, bila malu atau cuma menginginkan mengaji, pastinya dapat berlatih sendiri. Kekuatan suara butuh dilatih meskipun dengan otodidak. Yang pertama melatih pengucapan huruf hijaiyah. Awalilah dengan mengatakan huruf hijaiyah satu persatu dengan terang serta benar sesuai sama makhroj. Selanjutnya latihan kemampuan suara. Kemampuan suara terkait dengan pernapasan, bila pernapasan bagus, baik serta benar, jadi kemampuan yang di keluarkan dari suara dapat dikerjakan.

Latihan tehnik pernapasan, tidak dapat disangkal, pernapasan yang baik dibutuhkan dalam membaca alquran. Satu diantara tehnik pernapasan yang paling efisien yakni tehnik pernapasan perut, bukanlah pernapasan dada. Lalu latihan tehnik vibrasi, vibra yaitu membunyikan nada. Vibra berlangsung akibat ada kontraksi pada pita suara. Selanjutnya latihan nada tinggi, setiap orang mempunyai level suara yang tidak sama, range vokal standard pembaca alquran yakni 3 oktaf. Walau ada pula orang yang mempunyai range vokal diatas 3 oktaf, 4, 5, bahkan juga 6 oktaf. Tetapi, janganlah cemas karena sudah pasti nada tinggi dapat dilatih.