Apa saja best 3D printer for miniatures yang populer di tahun ini?. Jawabannya yang diberikan akan sangat beragam tergantung dari masing-masing pengguna. 3D printer memang salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam dunia percetakan. Kini printing tidak hanya sekedar mencetak paper melainkan mampu membuat sebuah karya seni dalam bentuk yang lebih dapat dan tampak seperti aslinya. Maka tak heran jika 3D printer semakin populer terutama di kalangan artist atau engineer atau pemula sekalipun

Best 3D printer memang didominasi oleh satu atau dua jenis merek printer seperti XYZ Printing series namun bukan berarti merek lainnya tidak mampu menghadirkan kualitas yang hampir sama. Ada banyak 3D printer dengan mutu yang baik serta hasil akhir yang memuaskan. Berikut ini ada beberapa best 3D printer for miniatures terkini untuk Anda yang ingin segera menciptakan sebuah karya atau objek.

  1. M3D

M3D merupakan salah satu 3D printer unggulan yang diciptakan oleh seorang researcher bernama Michael Armani. Printer ini memiliki bentuk tepi yang melingkar seperti sebuah kotak yang diproduksi tahun1970an. Selain itu desain kubiknya menonjolkan gaya retro yang simple. Tersedia dalam 6 warna yakni bright orange, hijau, biru dan transparan. M3D dilengkapi dengan PLA filament dan garansi satu tahun.

  1. Lulzbot Mini 3D Printer

Lulzbot Mini 3D Printer memiliki bobot yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe Lulzbot lainnya yakni 19 pound. Area bangun Lulzbot Mini 3D printer lebih terbatas dengan luas 6-in x 6-in x 6.2 in. Printer ini juga dilengkapi dengan PEI ata polyetherimide yang membantu objek agar melekat pada platform saat printer mulai panas.

  1. Mamba 3D Printer

3D printer ini memiliki desain open source dengan luas build areanya yang mencapai 200x200x200 mm. Mamba 3D Printer menggunakan 1.75mm filament dan nozzle 0.4mm untuk mendapatkan resolusi hingga 50 micron sehingga memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi.

  1. iBox Nano

iBox Nano merupakan 3D printer yang diklaim memiliki ukuran terkecil di dunia. iBox  Nano bekerja dengan mengandalkan WiFi. Anda dapat mengontrolnya dan mengirim desain melalui beberapa device seperti web browser, laptop, hingga smartphone. iBox Nano mudah dibawa kemana saja karena beratnya yang hanya sekitar 1.1 kg dengan ukuran 85 x 110 x 235 mm

Itulah beberapa best 3D printer for miniatures yang bisa Anda coba di rumah. Beberapa diantaranya mudah digunakan dengan hasil miniature yang cantik dan tampak mirip seperti desain aslinya.