Mencari kebaya pengantin atasan sering kali membuat pusing untuk wanita yang akan melangsungkan acara pernikahan. Kebaya menurut sejarahnya dahulu, justru memang terpisah dan merupakan pakaian atasan saja. kebaya pada awalnya tidak tersambung hingga kebawah yang menjadi satu dengan bawahan. Walau saat ini ada pilihan untuk wanita yang ingin memakai kebaya terusan,  tetapi kebaya khusus atasannya saja masih menjadi primadona. Kebaya pernikahan terutama bagi mereka yang menggelar pesta pernikahan bernuansa adat daerahnya cenderung memilih kebaya yang memang hanya atasannya saja. untuk bawahannya, akan dipadukan dengan kain yang menggambarkan adat khas daerahnya masing masing misal kain batik atau kain songket. Kecantikkan dari wanita saat menggunakan kebaya atasan bisa saja tercetak jelas asalkan pandai memadukan dengan bawahannya soal warna, dan bahan yang digunakan.

Kebaya pengantin atasan jika dilihat dari bentuknya, cenderung lebih dipilih kebaya berlengan panjang daripada dengan pendek. Selain itu, bentuk dari kebaya pengantin tidak hanya soal lengan namun juga bentuk lainnya. misalnya, bentuk dari bahu yang terbuka. Kebaya seperti ini cocok untuk wanita yang memiliki keindahan kulit yang ingin ditonjolkan. Wanita yang memiliki kulit indah dan tubuh yang ramping sangat cocok menggunakan model kebaya dengan bahu terbuka. Selain bahu, ada juga bentuk kebaya dengan punggung yang juga sedikit memamerkan kulit dari wanita yang menggunakannya. Untuk bahannya, kebaya atasa memiliki beberap pilihan. Ada kebaya atasan yang terbuat dari kain batik, dari sifon, dan ada juga yang terbuat dari sutera. Selain itu, kebaya atasan juga dipilih berdasarkan bentuk akeseris motifnya. Biasanya, masing masing kebaya memiliki motif atau corak yang tergambar dari bordiran yang cantik. Hal ini juga bisa dipertimbangkan.

Tidak hanya sampai disitu, ragam dari Kebaya pengantin atasan juga terlihat dari pilihan warnanya. Saat ini, kebaya yang sudah tersentuh gaya modern sudah menawarkan warna warna yang lebih beragam. Hal ini bisa membuat wanita menyesuaikan dengan warna yang disukai. Warna kebaya dipilih juga untuk menyesuaikan dengan pakaian yang akan dipakai oleh laki lakinya. Jadi sebaiknya, tentukan warna kebaya bersama dengan calon pasangan anda.