Penyakit buah pinggang kronik di Malaysia adalah sebutan yang umum di negara tersebut untuk penyakit ginjal. Gagal ginjal memang cukup umum ditemukan di Malaysia mengingat tingginya penderita diabetes serta warga lanjut usia. Gagal ginjal memang diketahui sebagai salah satu komplikasi yang dapat muncul sebagai akibat dari kencing manis. Selain itu, penderita gagal ginjal juga rata-rata telah berusia lanjut, mulai dari 50 hingga 60 tahun. Untuk menangani penderita gagal ginjal yang cukup banyak jumlahnya ini, pemerintah Malaysia melalui Yayasan Buah Pinggang Malaysia atau NKF menyediakan hingga 700 pusat dialisis yang tersebar di seantero negeri.

 

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 5000 orang di Malaysia mengalami sakit buah pinggang tiap tahunnya. Bahkan diperkirakan pada 2020 mendatang, akan ada sebanyak 50.000 pasien gagal ginjal yang membutuhkan perawatan khsuus berupa hemodialisa atau cuci darah. Prosedur ini memang biasa digunakan terutama untuk mereka yang mengalami penyakit buah pinggang kronik di Malaysia. Selain cuci darah, prosedur lain yang kerap dilakukan adalah melalui transplantasi ginjal. Prosedur satu ini memiliki kemungkinan berhasil yang paling tinggi dibanding pengobatan lainnya. Namun, transplantasi ginjal di Malaysia terbilang jarang untuk dilakukan. Hal ini karena jumlah donor yang masih kurang. Tiap tahunnya hanya dilakukan sebanyak 60 kali transplantasi ginjal di Malaysia.

 

Kendala lain yang dialami NKF adalah terkait kekurangan dana. Untuk membantu yayasan ini, Pusat Perawatan Sunway Medical Centre telah meluncurkan kampanye guna menggalang dana untuk yayasan ini. Program tersebut dilakukan dalam tempo 30 hari dan dilakukan berbagai kegiatan berbeda guna menarik minat orang-orang awam agar mau belajar mengenai kesehatan ginjal. Tujuan lain dari program ini tidak sekedar untuk menggalang dana namun juga mendukung kegiatan ginjal sehat agar orang-orang terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat. Kampanye ini telah berlangsung sehak 12 Oktober 2015 sampai dengan 17 Januari 2016 lalu. Demikian adalah uraian seputar penyakit buah pinggang kronik di Malaysia dan cara-cara yang dilakukan pemerintah setempat dalam mengatasinya.