Dalam memilah ac yg hemat listrik dan awet dapat dilihat dari kebutuhan penggunaan. Maka dari situ, sangat penting bagi anda untuk memilih AC sebelum membelinya. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam membeli AC, agar dapat memaksimalkan fungsi AC bagi ruangan di rumah anda.

Saran dalam menentukan ac yg hemat listrik dan awet adalah dilihat dari penggunaan ruangan. Ukurlah terlebih dahulu ruangan anda yang akan dipasangi AC. Ukur luas dari ruangan anda. Karena luas anda akan menentukan PK AC yang dibutuhkan. Cara menghitung PK adalah misalnya luas ruangan= 10 m2 dan rasio untuk mengukur kebutuhan ideal sebuah ruangan adalah sekitar 600 BTU/h/m2. Maka kebutuhan daya AC = 10 m2 x 600 BTU/h/m2 =6.000. dimana 1/2 PK = kurang lebih 5000 BTU/h. Jadi luas segitu membutuhkan AC 1/2 PK. Biasanya AC 1/2 PK adalah ac hemat listrik. Ketika PK sudah ditemukan makan bisa mendatangi penjual AC dengan ciri-ciri yang dibutuhkan.

Saran kedua dalam memilih ac yg hemat listrik dan awet adalah ruang yang akan dipasangi AC. Berikut adalah jenis-jenis AC yang bisa anda pertimbangkan untuk ruangan anda, yakni AC Standart, AC Low Watt dan AC Inverter. AC Low Watt adalah AC yang cara kerjanya sama dengan AC standar, dimana harganya jauh lebih mahal karena menggunakan listrik yang lebih efisien sehingga tagihan listrik perbulannya akan jauh lebih murah. AC model ini hanya bisa dipasang diruangan yang tidak dilalu lalangi olrang lain terlalu sering. Sedangkan untuk AC Inverter adalah AC yang memiliki teknologi untuk membuat kompresor pada AC dapat bekerja menyesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. AC ini bisa dikontrol menggunakan remot. Dimana kompresor akan bekerja secara maksimal untuk menyesuaikan suhu berdasarkan suhu pada remot. Sehingga tidak cocok untuk ruangan yang kerap dibuka tutup juga. Maka jika anda ingin memasang diruang yang sering orang kelar masuk adabaiknya menggunakan AC standart saja. Agar penggunaan listriknya lebih efisien dan tetap menjaga keawetan dari si AC sendiri karena tidak bekerja terlalu keras dalam mendinginkan ruangan.