Sebelum membahas menganai hukum islam tentang muamalah, ada baiknya anda tahu terlebih dahulu mengenai muamalah. Apa itu muamalah? Ini merupakan  sebuah tindakan yang dilakukan kepada orang lain. Jadi bisa dikatakan bahwa muamalah itu hukum yang dilakukan kaitanya dengan kehidupan di dunia. Prinsip yang diterapkan dalam hukum muamalah ini bisa dikatergorikan menjadi beberapa prinsip. Muamalah yang bersifat mubah, muamalah berdasarkan sukarela, pertimbangan manfaat dan mudharat dan muamalah dengan dasar pemeliharaan nilai keadilan dalam masyarakat. Beberapa prinsip itu dipakai untuk penerapan muamalah dalam kehidupan sehari-hari. Yang sangat mudah ditemukan adalah muamalah di dalam transaksi ekonomi. Hal yang tidak bisa dihindarkan dalam kehidupan sehari hari.

Menarik untuk dibahas hukum islam tentang muamalah. Sebab ekonomi merupakan sebuah kebutuhan manusia. Mencapai kemakmuran kepuasan dalam hidup dilakukan melalui jalur ekonomi ini. Bidang ekonomi sangat banyak. Di mana hampir semuanya tidak bisa dihindarkan dari yang namanya transaksi. Sebuah hal yang dilakukan sebagai akadnya dalam ranah ekonomi. Salah satu transaksi yang menarik untuk dibahas berdarkan hukum islam adalah mengenai jual beli. Hal yang mesti dilakukan dan itu sekarang sudah mengalami banyak peningkatan dan perkembangan. Terkadang banyak orang yang memahami tetang hukum muamalah jual beli ini. Sehingga kecenderungan melakukan kesalahan yang tidak sesuai dengan syariat bisa saja dilakukan tanpa sadar.

Jual beli ini tidak lain merupakan konfrensi atau persetujuan antara pihak satu dengan pihak lainnya (penjual dan pembeli). Di dalam hukum islam tentang muamalah. Jual beli dijelaskan langsung di dalam Al Qur’an dan Sunnah. Seperti yang terdapat dalam Al Baqarah 198 – 275 atau terdapat dalam An-Nisa 29.  Jual beli diatur dengan jelas dalam ayat-ayat tersebut. Nah, bila mana anda ingin memperlajari mengenai muamalah jual beli yang benar dan sesuai anjuran. Maka ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu. Hal itu terkait dengan rukun dan juga syarat untuk melakukan jual beli. Wajib anda mengetahui hal tersebut. Agar apa yang dilakukan mendapatkan barokah dari Allah Swt.