Berbagai macam cerita rakyat pendek dimiliki oleh tanah air tercinta ini. Cerita rakyat yang pendek ini biasanya tersalur melalui mulut ke mulut dari berbagai generasi. Ceria rakyat yang pendek tersebut juga akan menjadi warisan tersendiri bagi para sesepuh kepada anak dan cucunya. Kebanyakan cerita rakyat tersebut juga sudah melegenda di kehidupan sosial masyarakat luas. Meskipun dunia sudah melalui tahap perkembangan yang sangat maju sekalipun. Cerita rakyat yang melegenda tersebut tidak akan pernah sirnah atau hilang dari kehidupan sosial masyarakat luas, entah itu cerita rakyat yang pendek ataupun cerita rakyat yang panjang sekalipun.

 

Itulah tadi beberapa gambaran mengenai apa itu sebenarnya cerita rakyat pendek. Berbagai macam jenis cerita rakyat pendek tersebut oleh sebagian masyarakat sekarang ini dijadikan pelajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Untuk dapat mengetahui detail lengkap dari cerita pendek tersebut, anda dapat mengunjungi situs cerita rakyat. Pada situs tersebut akan dijelaskan lebih rinci, sehingga anda akan dapat mengetahui dengan jelas sebenarnya apa itu cerita rakyat pendek. Selain itu, pada situs tersebut juga sudah disediakan berbagai macam jenis cerita rakyat yang bersifat pendek ataupun yang bersifat panjang. Dengan begitu, anda akan dapat menceritakan cerita rakyat tersebut kepada sang buah hati atau anak anda ketika dia ingin beranjak tidur.

 

Berikut ini salah satu contoh cerita rakyat pendek yang dapat anda gunakan untuk menceritakannya pada sang buah hati ketika beranjak tidur. Cerita rakyat ini berasal dari Kalimantan Selatan yang menceritakan tentang dua orang raja bersaudara yang ingin mendapatkan momongan sebagai penerusnya. Sang adik mendapatkan momongannya setelah melakukan tapa di suatu daerah dan istrinya diharuskan untuk mengonsumsi burung katsuba. Setelah itu sang adik sudah memiliki momongan yang kembar. Hal itu justru membuat sang kakak lebih bersemangat hingga ia bermimpi menemukan bayi yang bisa berbicara. Bayi tersebut meminta syarat jika ingin terkabul yaitu membuat kain tenun dalam setengah hari. Singkat cerita Ratu Kuripan dapat memenuhinya hingga ia membesarkan bayi tersebut hingga dewasa.